Selasa, 27 November 2012

Faktor Demografi Dalam Hal Berkonsumsi


Perilaku konsumen dalam segi demografi

A. Pendahuluan
Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seorang konsumen diantaranya yaitu  faktor social, factor personal, factor psikologi, factor kebudayaan dan factor demografi.
Dalam factor demografi kali ini  yang akan dibahas diantaranya adalah mengenai selera konsumen yang berbeda-beda pada setiap orang, usia para konsumen dan alasan mengapa  kita memilih mengkonsumsi atau memilih product tersebut.
Dalam hal ini saya sebagai penulis secara langsung mencontohkan sebuah produk yang saya pilih atau saya pakai kedalam penginterpretasian dalam factor demografi.

B. Isi
Dalam factor usia sangat memungkinkan seseorang dalam memilih suatu produk yang bervariasi atau berbeda-beda salah satu contohnya yaitu: Para mahasiswa, remaja dan usia dewasa biasanya cenderung memilih atau menggunakan telpon genggam atau Hp yang banyak berbagai macam fitur atau aplikasi didalamnya, bentuk yang sangat menarik, ukuran atau dimensi hp yang bervariasi serta penggunaan koneksi internet yang beragam, misalnya hp blackberry, iphone, android dan lain-lain. Koneksi yang dapat digunakan telpone genggam tersebut diantaranya bisa melalui sambungan internet sellular, wifi atau hotspot . Sedangkan seseorang yang sudah berusia lanjut biasanya menggunakan telepon genggam yang simple, mudah digunakan, harganya murah dan tidak terlalu banyak fitur didalamnya .

Tetapi ada factor lain yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu produk yaitu factor personal atau selera konsumen masing-masing. Tidak menutup kemugkinan di masa modern sekarang ini orang-orang yang berusia lanjut juga memakai telpon genggam yang canggih, modelnya bervariasi  dan dimensi hp yang beragam sesuai selera atau kebutuhannya masing-masing.

Di masa yang sudah modern ini banyak sekali mahasiswa yang menggunakan hp atau smartphone yang beragam jenisnya salah satunya adalah blackberry  dengan unggulan utamanya yaitu blackberry messangger atau bbm, iphone dengan iOS dan tampilan yang sangat menarik, Samsung dengan androidnya.

Dan dalam hal ini saya sendiri menggunaan smart phone blackberry 9900 atau Dakota. Mengapa saya memilih smart phone ini? Karena blackberry ini sangat menarik banyak fitur-fitur canggih dan berguna didalamnya, kamera dengan kapasitas 5 mega pixel yang sangat jernih hasil jepretannya, tampilan OS7 didalamnya yang sangat terlihat menarik, 8GB RAM untuk menyimpan aplikasi, foto dan video yang lumayan besar, Memory eksternal yang bisa dipasang sampai dengan 32Giga Bite,  Lcd touch screen untuk memudahkan para consumer dalam mengclick sebuah perintah, dan kemampuan sinyal 3g untuk bisa menikmati browsing internet yang cepat.

Mengapa saya tidak memilih hp atau smartphone dengan merek lain yang misalnya seperti Nokia? Karena hp nokia itu dulu memang sangat laku di pasaran, modelnya simple, dan lumayan canggih dll. Tetapi untuk sekarang nokia sejak datangnya blackberry di pasaran jadi sangat jatuh, dari segi harga maupun selera masyarakat terhadap pembelian hp tersebut. Karena dengan datangnya smartphone blackberry ini dia mempunyai lebih banyak keunggulan, salahsatunya bbm, di nokia tidak ada aplikasi tersebut.  Maka dari itu harga hp nokia di pasaran sekarang sangat menurun drastis dibanding dahulu sebelum keluarnya smartphone blackberry ini .

C. Kesimpulan
Dalam artikel ini berarti ada banyak factor yang mempengaruhi suatu perilaku konsumen diantaranya yaitu  faktor social, factor personal, factor psikologi, factor kebudayaan dan factor demografi. Dan di jaman modern ini usia tidak terlalu berpengaruh dalam pemilihan suatu produk melainkan selera dan kebutuhan lah yang sangat menonjol berpengaruh terhadap suatu perilaku konsumsi seseorang.


Daftar Pustaka

Catatan: dalam artikel ini tidak ada maksud untuk menjatuhkan salah satu merek atau brand suatu produk tertentu, jelasnya ini hanya sebuah pendapat, dan melainkan untuk memenuhi tugas softskill yang diberikan dosen mata kuliah perilaku konsumen untuk pemenuhan nilai kuliah.